Sistem aplikasi Kansei
Engineering untuk menggambarkan elemen desain yang dapat menghasilkan daya
tarik bagi para konsumen e-commerce. Dengan melakukan prosedur Kansei Engineering Tipe 1, 30 Kansei Words dengan sampel produk
dianalisis dengan menggunakan analisa multivariat. Kansei Words dipilih dengan menggunakan FA dan PCA sementara elemen
desain yang terkait dengan Kansei Words ditentukan
oleh analisis PLS.
Pada studi ini, subyek penelitian kami adalah penduduk
Malaysia dengan usia 18-34 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah kacamata
dengan light color, half frame. Kacamata
dengan warna biru, orange, dan kuning juga lebih atraktif.
Secara keseluruhan, hasil
yang penulis berikan dalam peneltian ini adalah bagaimana penggunaan Kansei Engineering dalam industri
kacamata secara online dapat memberikan penambahan nilai untuk memahami
keinginan konsumen. Penulis memahami bahwa melakukan Kansei Engineering secara manual akan sangat menghabiskan biaya dan
waktu. Oleh karena itu, penulis menggunakan URANUS dalam membantu peneliti dalam
proses pengumpulan data. Peneliti berharap kedepannya para pemain industri
e-commerce dapat menggunakan Kansei
Engineering untuk dapat memberikan penambahan nilai bagi para konsumen.
Sumber: Kansei engineering for e-commerce sunglasses selection in Malaysia Oleh Ngip
Khean Chuana*, Ashok Sivajia, Mizhanim
Mohamad Shahiminb, Nursyakinah Saadb
No comments:
Post a Comment