Monday, June 16, 2014

Studi Kasus Data Flow Diagram Pada Perusahaan Avis Indonesia

Perusahaan Avis Indonesia memiliki sistem rental mobil yang melibatkan pelanggan. Pelanggan akan mengisi formulir saat menyewa mobil. Kemudian, Formulir dibawa ke kantor. Setelah proses verifikasi selesai, informasi mengenai mobil dan supir akan dikirimkan lewat sistem, beserta dengan catatan penyewaan mobil sebelumnya kepada pelanggan. Dalam meningkatkan service-nya, Perusahaan Avis ingin meningkatkan kualitas sistem penyewaan yang telah ada. Berikut beberapa hal yang ingin ditingkatkan dalam sistem: data pelanggan yang tersimpan dengan baik sehingga perusahaan dapat mengontrolnya, pengisian formulir penyewaan mobil dapat dilakukan secara online, serta menciptakan efisiensi waktu, kinerja, usaha, dan biaya.  Perusahaan Avis Indonesia menggunakan beberapa metode dalam menciptakan desain sistem, yaitu dengan process design flowchart untuk pemilik dan manager, dan Data Flow Diagrams (DFD) dari sistem penyewaan mobil.

Berikut merupakan flowchart dari sistem penyewaan mobil di Perusahaan Avis Indonesia:

Dari flowchart dapat kita lihat bahwa terdapat tiga peran (objek) yang terlibat dalam sistem, yaitu pelanggan, Manager Operasional, dan Pemilik. Pertama pelanggan memverifikasi data dirinya, apakah ia sudah menjadi member atau belum, jika sudah maka ia dapat langsung mengisi form lalu setelah itu menyimpan formulir pada sistem. Kemudian Manager Operasional memastikan catatan penyewaan mobil beserta informasi mobil dan supir, setelah itu data dikirim ke pemiliki untuk diproses dan membuat report approval.

Setelah melihat flowchart sistem penyewaan mobil, kita melihat Data Flow Diagrams di Perusahaan Avis Indonesia:



No comments:

Post a Comment